• Yuk Berjilbab Syar'i!

    Adab Berpakaian Islami

    Assalamualaikum hijabers... disini saya akan menyampaikan beberapa ilmu saya yang telah saya dapat ketika mengikuti seminar keputrian yaitu tentang bagaimana sih cara nya yang benar memakai hijab atau jilbab atau berpakaian islami sesuai syariat ituuuuu.

    Sebelumnya kita harus menngerti apa sih hijab itu?
    "APA ITU HIJAB?"
    HIJAB diambil dari bahasa Arab(hijab), yang berarti “penghalang”.
    Pada beberapa negara timur tengah(arab,dsb)serta negara barat kata hijab lebih merujuk pada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim, namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk pada tata cara berpakaian yang sesuai dan pantas dengan tututan agama Islam.
    HIJAB itu menutup seluruh badan kecuali muka dan kedua telapak tangan.
    HIJAB bukan merupakan perhiasan,dan bukan pakaian untuk mencari popularitas diri(berhubungan dengan niat).

    Adapun pakaian yang dikenakan oleh seorang muslimah haruslah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
    1. Menutup aurat
    2. Motif dan bahannya tidak mencolok, yg memungkinkan menarik syahwat dan perhatian lelaki
    3. Tidak tembus pandang
    4. Tidak menunjukkan bentuk dan lekuk tubuhnya / pakaiannya longgar
    5. Tidak menyerupai pakaian laki-laki
    6. Tidak memakai parfum
    7.Tidak menyerupai pakaian kafir
    8. Tidak termasuk pakaian syuhroh

    Kenapa kita harus berpakaian syar’i ????

    1. Memakai hijab merupakan ketaatan pada Allah dan Rasul
     
      “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak pula bagi perempuan yang mu’minah, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan tentang urusan mereka. Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya dia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata.”
    (Q.S. Al-Ahzab :36)

         “Dan hendaklah  kamu tetap dirumahmu dan janganlah kammu berhias dan bertingkah seperti orang-orang jahiliyah.”
    (Q.S. Al-Ahzab : 33)
     
       “Dan katakanlah kepada wanita yang beriman : “hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak darinya.” 
    (Q.S. An-Nur : 31)



    2. Hijab itu ‘iffah
        Allah SWT menjadikan kewajiban menggunakan hijab sebagai tanda ‘iffah(menahan diri dari maksiat).
    “Hai Nabi,katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.” 
    (Q.S. Al-Ahzab : 59)
     Menutup aurat juga bertujuan untuk menahan dari perbuatan jelek seseorang kepada kita. Dan “karena itu mereka tidak diganggu” sebagai petunjuk dari Allah bahwa dengan mengetahui lekuk tubuh wanita adalah salah satu bentuk gangguan berupa fitnah dan kejahatan bagi mereka.

    3. Hijab itu taqwa dan Iman
    “Hai anak Adam! Sesungguhnya Kami(Allah) telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi  auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik.” 
    (Q.S. Al-A’raf: 26)
    Perintah Allah hanya untuk perempuan yang beriman, tidak untuk orang kafir maupun jahiliyah. Maka dengan adanya kita berhijab sesuai syariat itu menandakan keimanan kita. Yang mau melaksanakan perintah Allah hanyalah orang iman, karena  dalilnya pun jelas “Dan katakan pada wanita yang beriman......”
    (Q.S. An-Nur : 31)

    GAK ADA RUGINYA UHKTI KALAU KITA BERHIJAB SYAR’I

    Dengan kerudungku aku menunjukkan imanku-bukannya kecantikanku. Seberapa berharganya aku sebagai manusia diukur dengan relasiku kepada Allah. Aku hanya menutupi hal yang tidak penting. Dan saat engkau melihatlu, kamu tidak lagi melihat sesosok tubuh. Kamu melihat aku sebagaimana adanya: hamba dari Sang PenciptaYasmin Mogahed, Reclaim Your Heart: Personal Insights on Breaking Free from Life’s Shackles




  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

HELLO FRIENDS!!!